Prospek Pasar Properti Indonesia Cukup Cerah

Rumahrukomalang.com, Malang – Prospek ekonomi jadi faktor utama yang perlu diperhatian oleh pelaku bisnis properti Indonesia. Faktor tersebut lebih penting dari perubahan politik dan fluktuasi harga. Demikian kesimpulan riset Lamudi yang merilis laporan tahunan perdana tentang real estate di negara-negara berkembang. Real Estate in the Emerging Markets dari Lamudi tersebut  mengulas sektor properti di 16 negara berkembang termasuk Indonesia.

Ilustrasi

Ke-16 negara yang menjadi obyek riset ini adalah Indonesia, Filipina, Myanmar, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Yordania, Arab Saudi, Nigeria, Kenya, Tanzania, Maroko, Ghana, Pantai Gading, Meksiko, dan Kolombia.

Co-Founder Lamudi Global, Kian Moini, mengatakan, sesuai riset yang dilakukan, prospek pasar properti di Indonesia sangat cerah. “Tidak mengherankan kalau pasar real estate Indonesia menjelma menjadi salah satu yang paling menjanjikan di kawasan Asia Pasifik,” katanya.

Seperti dikutip Antara, laporan yang disampaikan Lamudi didasarkan pada serangkaian survei terhadap para agen properti dan agen real estate di tiap negara. Riset ini menyoroti perilaku para “pemburu properti” online, sekaligus menawarkan proyeksi dan wawasan terhadap masa depan sektor properti yang diperoleh dari sejumlah wawancara dan survey dengan para pakar properti lokal.

Menurut survei tersebut, hampir 65 persen agen properti optimis dengan prospek pasar properti. Sementara 35 persen lainnya berpandangan dalam 12 bulan mendatang pasar properti biasa-biasa saja. Selain itu jual-beli real estate kini juga mulai beralih ke konsep e-commerce atau jual-beli online. Sekitar 96 persen agen menyatakan internet kini menjadi media paling banyak digunakan untuk jual beli dan sewa real estate. Mayoritas agen juga mengiklankan produk yang dipasarkan di media online.